Tips Mengatur Keuangan yang Patut Anda Coba

0

Agar tidak tekor saat akhir bulan, ada baiknya Anda mulai menerapkan beberapa tips mengatur keuangan.

Hari-hari menjelang akhir bulan kadang jadi hari yang berat untuk dilalui. Jika Anda mengalami hal seperti itu, berarti ada yang salah dengan pengaturan keuangan Anda. Mungkin tanpa sadar Anda melakukan beberapa kesalahan yang membuat kondisi finansial jadi berat sebelah. Untuk mengatasinya, kami akan sajikan beberapa tips mengatur keuangan untuk Anda.

Tips Mengatur Keuangan

  1. Buatlah Rencana Budget Harian, Mingguan, atau Bulanan

Membuat rencana semacam ini terdengar sederhana dan mudah dilakukan. Namun saat dicoba, kemungkinan besar Anda akan kesulitan karena tidak terbiasa mengatur rencana pengeluaran. Rencana bisa dibuat berdasarkan periode waktu harian, mingguan, atau bulanan. Jika Anda berhasil membuat rencana budgeting, pengeluaran Anda akan terkontrol dengan mudah.

  1. Hemat dalam Urusan Makanan

Mungkin Anda salah satu orang yang sulit untuk menahan godaan untuk kulineran. Jika memang begitu, wajar jika akhir bulan Anda akan kehabisan uang karena boros dalam urusan makan. Makan memang sangat dibutuhkan untuk tubuh, namun ada baiknya budget untuk makan harus diatur dengan baik. Selain menghindari kebangrkutan di akhir bulan, juga akan menghindarkan Anda dari makan makanan secara berlebihan.

  1. Manfaatkan Diskon dan Promo

Di tengah perkembangan bisnis yang pesat seperti sekarang ini, semua orang berlomba-lomba membuka bisnisnya. Biasanya, banyak promo dan diskon beterbaran di media sosial atau market place untuk menarik pelanggan. Untuk menyiasati pengeluaran Anda, ada baiknya mulai memanfaatkan diskon dan promo yang banyak beterbaran. Jangan malu untuk menggunakan voucher diskon dan promo ya.

Tips mengatur keuangan, manfaatkan promo dan diskon (cermati.com)

  1. Jangan Terlalu Banyak Belanja

Ini juga harus dihindari, yaitu belanja secara berlebihan. Di era teknologi seperti sekarang, kemudahan berbelanja sangat tersedia. Anda hanya cukup klik satu kali lalu melakukan membayar lewat transfer, dan sampailah barang belanjaan Anda. Ada baiknya mulai sekarang harus memperhatikan intensitas belanja online Anda. Jangan sampai keuangan jebol gara-gara terlalu banyak belanja.

  1. Cari Partime

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ada baiknya mulai mencari pendapatan tambahan. Pendapatan tambahan bisa lewat toko online, menjual konten media sosoial, menulis konten, dan masih banyak lagi. Mencari pendapatan di luar gaji pokok akan membantu Anda memiliki tambahan penghasilan.

  1. Investasi

Jangan remehkan investasi. Bagi Anda yang masih muda dan sudah memiliki penghasilan tetap, cobalah untuk berinvestasi. Kemudahan investasi kini juga banyak tersedia, dari saham, emas, reksa dana, dan banyak lagi. Jika Anda tak berinvestasi, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan bangkrut di usia tua nanti.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan agar tidak bangkrut di kemudian hari. Untuk mendapatkan informasi mengenai tips finansial dan bisnis, kunjungi Berita harian online bisnis kami.

Share.

About Author

Leave A Reply