Saham Facebook Anjlok Hari Ini “ Facebook Krisis”

0

Saham Facebook turun pada hari ini, melalui pantauan di papan bursa saham  National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ).

Saham facebook terpantau jatuh dari US$ 4,41 (2,56%) ke US$ 168,15. Posisi tertinggi yang sempat dicatatkan berada di US$ 170,20 dan terendah di US$ 161,95.

Pelemahan dialami saham Facebook hari ini sejak awal perdagangan di mana, posisinya berada di US$ 167,47 saat pembukaan. Melemah US$ 5,09 dibandingkan dengan posisi penutupan hari sebelumnya yang sebesar US$ 172,56.

Saham Facebook anjlok mulai sejak 19 Maret 2018. Saat itu saham Facebook tercatat sebesar US$ 185,15.  Anjlok nya saham facebook mendapatkan perhatian besar dari dunia investasi saham internasional.

Anjloknya saham facebook kali ini memang merupakan terbesar setelah 4 tahun terkahir, dan diprediksi Mark Zuckerberg selaku CEO facebook menelan kerugian mencapai k USD 6,06 miliar atau setara Rp 83,3 triliun angka yang cukup besar selama beberapa tahun ini.

Banyak faktor penyebab dari pelemahan saham facebook secara sistematis ini, banyak yang menyebut bahwa facebook sedang mengalami krisis.

Facebook saat ini memang masih menjadi salah satu perusahaan technology terbesar di dunia, Mark Zuckerberg sampai saat ini belum memberikan keterangan tentang anjlok nya saham dari facebook hari ini.

Sebelumnya facebook diberitakan sedang mengalami masalah tentang pemberitaan facebook mengala mi kebocoran data pengguna. Bahkan disebutkan bahwa bocornya data pengguna facebook digunakan untuk kegiatan politik.

Cambridge Analytica adalah firma konsultasi yang aktif di bidang politik. Diduga, perusahaan yang bermarkas di London itu memakai data yang mereka dapatkan dari pengguna Facebook untuk kepentingan kampanye politik.

Sampai saat ini memang belum ada konfirmasi tentang beberapa isu yang menyerang facebook, namun akibat dari isu ini saham facebook anjlok hari ini.

Beberapa pengamat menyebut jika facebook tidak bisa menyelesaikan permasalahan mengenai bocornya data pengguna maka bisa dipastikan reputasi salah satu platform social media terbesar di dunia ini akan semakin turun dan nantinya berimbas kepada harga saham facebook.

 

Share.

About Author

Leave A Reply