Punya Modal Rp 1 Juta? Ini Investasi yang Dapat Dipilih

0

Terjun ke dunia investasi sebenarnya tidak harus membutuhkan dana yang besar. Hanya cukup dengan dana Rp 1 juta Anda sudah dapat melakukan investasi. Menyisihkan sebagain uang untuk investasi memang baik untuk mengelola uang di masa depan. Saat ini ada banyak investasi yang dapat Anda pilih. Namun yang perlu diperhatikan adalah setiap investasi memiliki risiko dari ringang hingga tinggi. Untuk itu pilihlah investasi yang memang menguntungkan Anda dengan minim risiko.

Bagi Anda yang memiliki dana sekitar Rp 1 juta, ada beberapa investasi yang dapat dipilih. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Reksadana

Setiap institusi memiliki nominal minimal yang ditabung. Beberapa bank ada yang mewajibkan Anda menaruh minimal Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Untuk itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah reksadana memiliki beberapa jenis antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, serta reksadana saham. Setiap jenis investasi reksadana memiliki keuntungan dan risiko masing-masing.

Logam Mulia

Investasi untuk pemula yang dapat dipilih selanjutnya adalah logam mulia. Pergerakan nilai investasi logam mulia mungkin tidak secepat pergerakan investasi di bidang lain. Meski demikian, investasi emas memiliki risiko yang tidak besar atau masih tergololong aman untuk pemula.

Untuk membeli logam mulia, Anda dapat menggunakan modal awal Rp 1 juta. Ini tergantung dari berapa besar ukuran. Ukuran logam mulia yang ada di pasaran cukup beragam, mulai dari 0,5 gram, 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram.  Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda membeli logam mulia dengan ukuran yang lebih besar maka harganya cenderung lebih kecil.

Peer to Peer Lending KoinWorks

Investasi ketiga yang dapat Anda pilih dengan modal Rp 1 juta adalah Peer to Peer Lending KoinWorks. Investasi ini memberikan kesempatan Anda berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu. Mekanisme investasi ini adalah dana akan diinvestasikan untuk diberikan kepada pda borrower, atau pemilik UKM. Selain mengelola uang untuk jangka panjang, secara tidak langsung Anda telah membantu perkembangkan UKM di Indonesia.

Share.

About Author

Leave A Reply