Puluhan Investor Singapura Siap Investasi di Indonesia

0

50 investor asal Singapura dikabarkan akan menanamkan modal di Indonesia. Rencananya puluhan investor tersebut akan melakukan investasi di berbagai proyek yang dimiliki 8 pemerintah daerah.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggelar Indonesia Investment Day di Singapura. Pada acara tersebut, terdapat 350 investor yang hadir dan diharapkan dapat menanamkan modal di Indonesia.

Indonesia Investmen Day  digagas oleh Bank Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura dan badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Tujuan dari acara tersebut adalah agar para investor Singapura mau menanamkam modalnya di Indonesia.

Dalam pagelaran Indonesia Investment Day, terdapat 8 pemerintah provinsi yang siap untuk menawarkan potensi daerahnya kepada calon investor. 8 pemerintah tersebut antara lain Provinsi Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Dalam hal ini Bank Indonesia akan memberikan gambaran makro mengena potensi pertumbuhan ekonomi di setiap daerah ke depan. Sementara BKPM akan memberikan penjelasan mengenai kemudahan perizinan di Indonesia.

Dari 350 investor Singaputa tersebut, terdapat 50 perusahaan yang bersedia menanamkan modal dan melakukan 80 one on one meeting dengan pemerintah daerah Indonesia.

Mirza menambahkan bahwa upaya tersebut adalah sebagai salah satu proses untuk meyakinkan para investor. Jika dalam proses tersebut terdapat adanya kecocokan kana investasi akan terealisasi.

Dengan adanya investor dari Singapura maka akan menambahkan pasokan valuta asing di Indonesia. Dengan begitu maka dapat mengurangi devisit transaksi berjalan. Valuta asing juga dapat memperkuat nilai tukar Rupiah yang akhir-akhir ini mengalami tekanan sejak awal tahun.

Selama ini Bank Indonesia aktif mengundang investor dari berbagai negara untuk menanamkan modal di Indonesia. Ada banyak peluang investasi yang dapat dilakukan di Indonesia. Satu hal yang memiliki peluang investasi besar adalah di sektor pariwisata. Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa dan setiap tahunnya kunjungan wisatawan asing di Indonesia juga terus meningkat.

Share.

About Author

Leave A Reply