PLTA Kayan: PLTA Terbesar yang Akan Sokong Kebutuhan Listrik di Seluruh Pulau Kalimantan

0

PLTA Kayan yang Memiliki Kapasitas Total 9.000 Megawatt Ini, Bakal Suplai Kebutuhan Listrik di Pulau Kalimantan, Termasuk Ibu Kota Baru.

Tahukah kalian bahwa Indonesia bakal memiliki PLTA yang kapasitasnya mencapai 9.000 megawatt dan siap penuhi pasokan listrik di pulau Kalimantan termasuk Ibu Kota lho.

PLTA tersebut nantinya akan terletak di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Pembangunan PLTA Kayan ini di motori oleh PT Kayan Hydro Energy yang bekerja sama dengan pemerintah China melalui China Power.

PLTA Kayan Dibangun Akhir Tahun Ini dan Siap Menyuplai Listrik di Pulau Kalimantan

PLTA Kayan Bakal Suplai Listrik Pulau Kalimantan (akurat.co)

Untuk pembangunan PLTA Kayan, rencananya akan dilakukan pada akhir tahun 2019. Targetnya, listik PLTA Kayan sudah dapat dipakai pada tahun 2025 melalui transmisi Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Seperti yang dikatakan Direktur Operasional PT Kayan Hydro Energy, Khaerony pembangunan Kayan 1 yang dilakukan akhir tahun ini akan selesai pada tahun 2025. Sementara pembangunan PLTA Kayan 2 akan dilakukan pada tahun 2026. Setahun setelahnya PLTA Kayan 3 bisa dilaksanakan, dilansir dari era.id.

Yang jelas, sambung Khaerony, dalam pembangunan tahap pertama dan kedua ada selisih waktu satu tahun. Sedangkan pengerjaan dari tahap dua ke tahap tiga ada selisih waktu tiga tahun.

“Jadi tahap keduanya dibangun setahun setelah pembangunan tahap pertama dimulai. Kalau tahap dua dan ketiga itu sekitar tiga tahun. Ada jarak karena kita juga perlu menyiapkan infrastruktur,” terang Khaerony.

Dengan dibangunnya proyek tersebut, diharapkan PLTA Kayan mampu memberi konstribusi terhadap kebutuhan listrik di seluruh Pulau Kalimantan.

Bahkan kawasan industri terpadu di Tanah Kuning, Kalimanta Utara juga akan dipasok listrik. PT Kayan Hydro Energy juga berencana untuk mengekspor listrik ke Malaysia di bagian Utara.

“Nantinya, listrik itu akan terkoneksi dengan sistem Kalimantan. PLN saat ini sedang bangun transmisi dari Kalbar, Kalteng, Kaltim bahkan ke Kalimantan Utara,” ungkap Khaerony menjelaskan target PLTA Kayan ke depan.

Adapun baiaya yang digelontorkan untuk membangun PLTA berkapasitas 9.000 megawatt ini mencapai 20,7 miliar dolar AS hingga 24,3 miliar dolar AS. Jika dirupiahkan, dana tersebut mencapai Rp289,9 triliun hingga Rp340 triliun (mengacu kurs Rp14.000 per dolar AS).

Share.

About Author

Leave A Reply