Peran Investasi Asing di Pasar Properti Indonesia

0

Menurut survey yang dilakukan oleh Singapura Business Federation terhadap hampir 1000 lebih perusahaan di Singapura, hasilnya Indonesia menjadi salah satu Negara tujuan investasi properti dan bisnis lainya di berbagai sektor.

Sementara data dari survey lain yang dilakukan oleh US News bertajuk 2018 Best Countries tentang negara-negara terbaik untuk investasi, menyebut Indonesia berada di urutan kedua di bawah Filipina. Hasil survei ini menujukkan, bahwa Indonesia akan menjadi pilihan bagi para pemodal asing untuk mengucurkan dana investasi.

Beberapa survey ini memang bukan tanpa alasan, Indonesia saat ini memang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur dan akses di seluruh daerah Indonesia. Hal ini menjadi salah satu faktor kenapa investor asing dan perusahaan asing menanamkan modal investasi di Indonesia.

Salah satu contoh pembangunan infrastruktur dan akses yang mampu menarik Investasi Properti adalah Keberadaan jalan bebas hambatan sepanjang 10,6 kilometer yakni jalan Tol Soreang – Pasir Koja (Soroja). Imbasnya jarak tempuh dari jarak tempuh dari Kota Bandung menuju Soreang atau sebaliknya hanya butuh waktu kurang dari 15 menit, padahal sebelumnya jarak yang harus ditempuh bisa 1,5 jam.

Imbasnya konektivitas dan mobilitas sektor ekonomi dari dan menuju Bandung Selatan semakin tinggi dan ini menjadi salah satu investasi jangka panjang. Apalagi saat ini terbentur dari hunian di Kota Bandung yang sangat pada tidak memungkinkan untuk membuka hunian baru di daerah tersebut.

Sehingga saat ini Investor mulai memilih daerah yang memiliki mobilitas ekonomi tinggi dan akses mudah , di Bandung daerah Bandung Selatan saat ini menjadi tujuan Investasi Properti yang semakin ramai.

Pemerintan juga terus berupaya keras dalam membuat Indonesia Pro Investasi Asing. Salah satu yang coba dilakukan adalah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 103 tahun 2015 tentang kepemilikan Rumah Tempat Tinggal bagi orang asing.

Kebijakan pemerintah ini terbukti sukses menarik investasi asing. Hunian tinggal yang kebanykan dihuni oleh warga asing menjadi salah satu tanda bahwa Indonesia memang serius mempermudah dan memberikan kelonggaran bagi warga asing untuk memilik investasi properti di Indonesia.

Share.

About Author

Leave A Reply