Optimisme Sinar Mas Land Tahun 2019 Investasi Properti Berjaya

0

Sinar Mas Land yang merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia memandang optimis bahwa Investasi Properti tahun 2019 akan kembali Berjaya setelah beberapa tahun terakhir ini mengalami kelesuan pasar.

CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land Ishak Chandra memiliki pandangan bahwa kelesuan ini bisa dibilang tidak terlepas dari tahun politik pemilihan umum tahun 2019. Bahkan beberapa tahun belakang mulai dari tahun politik 2004 dan 2009 selalu mengalami penurunan 30 persen hingga mencapai 40 persen.

Namun para pelaku investor properti diharapkan tidak perlu terlalu mengkhawatirkan berlebihan, menurun kebiasaan dan analisis selama ini keadaan akan normal kembali setelah 6 bulan sampai satu tahun tahun politik itu berlalu.

“Jadi kalau dilihat tahun 1999, 2004 , dan 2009 selalu setiap periode 5 tahun masa jabatan presiden, 6 bulan atau setahun sebelum pemilihan umum, pertumbuhan index properti yang biasanya tajam itu menurun lebih landai,” ujar Ishak.

Namun sebagai antisipasi untuk menghindari masalah yang tidak diiinginkan memang seharusnya pelaku dan pengusaha property harus sudah memiliki planning agar terhindar dari keadaan yang sekiranya bisa merugikan investasinya.

Seperti yang pernah terjadi di tahun 2014 pasca pemilihan presiden dan pmilihan umum. Keadaan investasi properti saat itu mengalami penurunan drastic. Ketika pasca pemilihan umum keadaan pasar tidak mengalami peningkatan malahan lebih banyak stagnan.

Namun salah satu faktor penyebab dari stagnan investasi properti saat itu adalah berkaitan dengan kebijakan Bank Indonesia yang imbasnya investasi properti menurun.

Beberapa tahun kemudian kebijakan pemerintah mengani it uterus direvisi dan hasilnya bisa dilihat di tahun 2017 mengalami kenaikan. Memang investasi properti tidak bisa terlepas dari keadaan politik dan pastinya kebijakan. Hal ini berkaitan erat .

Jika investor yang peka akan kondisi pasar, jika harga turun itu adalah saatnya untuk mengeluarkan investasi dan pastinya akan mendapatkan keuntungan ketika harga mulai naik. Jadi bagi anda yang ingin berinvestasi properti sebaiknya jangan takut dan berpikir cerdas menyiapkan strategi terbaik.

Share.

About Author

Leave A Reply