Kampanye Hitam Sawit Indonesia

0

Produk sawit Indonesia mendapatkan tekanan yang berat dari luar negeri. Terkait dengan adanya kampanye hitam yang dilakukan oleh Uni Eropa. Kampanye hitam yang dilakukan adalah dari sisi para LSM. Kampanye hitam tersebut dilakukan karena untuk menekan harga sawit sehingga akan menjadi lebih murah untuk diolah. Ada banyak cara yang dilakukan oleh Uni Eropa untuk melakukan kampanye hitam.

Sebenarnya hanya dari NGO (Non Government Organization) yang melakukan kampanye tersebut. Kampanye hitam yang dilakukan ini seperti tidak boleh menggunakan label pada CPO. Jadi ini sudah di mapping dengan jelas siapa saja pemain dari kampanye hitam dari LSM.

Isu yang telah dilakukan yaitu seperti tidak ramah lingkungan sampai isu kesehatan. Dengan adanya isu tersebut maka ada perubahan pasar yang jelas. Ini telah dimainkan oleh para pengusaha di LSM luar negeri diluar dari NGO.

Ada banyak yang telah dilakukan seperti mengangkat isu dari kelapa sawit. Ini seperti ada produk yang menggunakan label tidak memakai sawit. Minyak sawit dianggap berbahaya dan ini menjadi salah satu kampanye hitam yang benar-benar jelas.

Permainan seperti petani tidak hidup sejahtera sampai dengan produknya yang direview menjadi salah satu alat kampanye hitam. Ini seperti perang dingin di dunia dagang. Dengan adanya ini akan berimbas banyak di sektor penjualan.

Penjualan yang akan menurun tentunya berimbas pada perdangan kelapa sawit di Indonesia. Perubahan ini jika kearah yang lebih bagus atau catatanya adalah menaikan penjualan atau harga sawit ini akan bagus. Namun pada kenyataanya ini menjadi salah satu yang paling membuat harga menjadi cenderung turun.

Kampanye hitam sawit sebenarnya telah terjadi di mulai beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada thaun 2014 ini sudah ada sebelum presiden Jokowi mengangkat ini. Tentunya seharusnya para bakal calon presiden memikirkan hal ini.

Terkait dengan kampanye hitam anti sawit dll dengan tujuan untuk menurunkan harga sawit di pasaran. Dengan ini sudah jelas bahwa sawit harus diperjuangkan harus ada yang membantu ini.

Share.

About Author

Leave A Reply