Investasi Pariwisata Indonesia Meroket Tahun 2018

0

Investasi pariwisata Indonesia meroket tahun 2018, inilah harapan berbagai pihak setelah dibukanya keran investasi pariwisata oleh pemerintah dengan nominal mencapai 39 triliun.

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kementerian Pariwisata tahun 2018 sudah ada 3 proyek investasi yang akan digarap, ketiga wilayah tersebut adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), dan Tanjung Kelayang (Bangka Belitung) senilai US$ 2,9 miliar atau setara Rp 39 triliun.

Destinasi wisata Indonesia memang menjadi salah satu pilihan destinasi favorit saat ini, bahkan setiap tahun nya kunjungan wisatawan ke Indonesia terus mengalami peningkatan.

Memang beberapa tahun terakhir tujuan wisata wisatawan masih terpusat di beberapa wilayah unggulan seperti Bali dan Lombok, hal ini dikarenakan memang daerah tersebut sudah mendapat investasi dengan jumlah banyak di berbagai sektor.

Berbanding terbalik dengan daerah-daerah dengan potensi wisata unggulan masih banyak belum tersentuh padahal inilah yang menjadi fokus investasi agar destinasi tersebut mampu berkembang.

Inilah yang menjadi konsen pemerintah melalui Kementerian Pariwisata untuk mampu mengembangkan potensi wisata daerah-daerah penyangga wisata lain untuk mampu menjadi tujuan destinasi wisata baru di Indonesia.

Potensi investasi wisata harus berjalan jika ingin mengembangkan destinasi wisata baru dan wisata unggulan yang sudah ada kedepanya semakin memiliki nilai dan sebagai destinasi wisata favorit.

Pembangunan sarana prasarana, fasilitas pendukung seperti jalan, restoran, hotel atau tempat penginapan menjadi fokus utama penanaman modal investasi di daerah wisata tersebut.

Sampai sekarang memang masih sangat jauh dari harapan, banyak investor masih enggan untuk menanamkan modal mereka di sektor pariwisata karena masih minim dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

Hal ini harus dirubah dan diperbaiki jika ingin tahun 2018 investasi pariwisata di Indonesia meroket dan mampu bersaing dengan Negara lain khususnya dikawasan Asia Tenggara bahkan Asia.

Pemerintah dan pihak swasta harus mampu mendorong Investasi datang di Indonesia, pengenalan potensi Indonesia melalui berbagai ajang dan forum investasi serta pariwisata diharapkan akan semakin memberikan pengetahuan dan informasi tentang potensi wisata di Indonesia.

Share.

About Author

Leave A Reply