Amankah Investasi Properti di Tahun Politik 2018 – 2019

0

Gejolak politik sudah mulai terasa di awal tahun 2018, tahun politik menjadi tahun penuh dinamika dan diyakini akan mempengaruhi berbagai sektor fundamental ekonomi termasuk investasi property.

Perubahan dinamika politik ini harus disikapi secara bijaksana bagi para investor properti, dan jangan lupa untuk memiliki skema kedua jika benar-benar berdampak dalam terhadap sektor investasi properti.

Kebijakan pemerintah tahun 2017 dan 2018 yang bisa dibilang pro dan aktif dalam berbagai kebijakan infrastruktur termasuk proyek perumahan menjadi angin segar bagi para investor proprerti terutama perumahan.

Secara keseluruhan, di tahun 2018 investasi properti khususnya hunian menengah bawah rentan terhadap kebijakan diperkirakan menurun dan tidak terlalu terkena sentiment tahun politik.

Sementara, hunian menengah hingga atas masih menjadi primadona di kisaran Rp500 jutaan sampai Rp1–2 miliaran. Selain itu, apartemen menengah berbasis Transit Oriented Development (TOD) dan berada di pusat kota Jakarta diperkirakan akan marak di 2018.

Jangan khawatir dengan acuan laju inflasi , sampai saat ini laju inflasi Indonesia masih terjaga sejak tahun 2015 sampai tahun 2017 menandakan fundamental ekonomi Indonesia secara keseluruhan sebenarnya aman.

Executive Director Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan kondisi pasar properti nasional pada tahun 2018 diprediksi cerah dan prospektif, dengan tren pertumbuhan pasar properti yang diperkirakan berlanjut hingga 2019.

Tahun politik 2018-2019 hanya akan berdampak kecil namun dengan asumsi kegiatan pemilu berjalan lancar dan aman.

Jika pemilu serentak 2018 dan pemilhan capres dan cawapres lancar maka bisa dipastikan iklim investasi properti tahun 2018 akhir dan 2019 cerah dan maju pesat.

Dengan beberapa acuan data dan kebijakan pemerintah yang mampu memberikan perlindungan terhadap pelaku investasi property dirasa tahun politik 2018-2019 tidak berdampak siginifikan terhadap iklimi investasi keseluruhan di Indonesia khususnya investasi properti.

Jangan sampai dengan asumsi tahun politik yang akan datang para pelaku investor malahan tidak berani untuk berinvestasi. Hal ini seharusnya bisa disikapi secara pintar dan bijaksana untuk menentukan strategi apa dan bagaimana investasi kedepanya memiliki jaminan prospek yang cerah dan untung.

Share.

About Author

Leave A Reply